Halaman

Sabtu, 14 Desember 2013

Praktek Mekanika Tanah di Semester 3

Tanggal 7-8 desember 2013 praktek mekanika tanah pun dimulai.

Kalau aku bilang ini praktek nya mainan tanah, gimana ndak mainan tanah coba, dari berbagai macam tanah, dari pasir bromo asli dari bromo ada juga, tanah lempung dari kalimantan kedalaman 17m di bor sampai juga dibuat bahan penelitian, terus tanah yang harus di hancurkan dan di ayak sampai halus buat beberapa percobaan.

Kerjasama kelompok diharuskan untuk membagi semua praktek, jadi kan ada 6 orang dalam 1 kelompok, itu praktek ada sekitar 12 an, jadi deh dibagi 6 praktek tiap 3 orang anak. Sok atuh praktek dimulai molor sekitar jam 9 siang.

Nah berhubung hari sabtu yang kuliah banyak yang pascasarjana, jadi yaa sepi dong sotomatis itu kalau sepi yaa bawaannya itu kampus milik sendiri, mana gedung teknik kan di belakang pojok nyempil sendiri deh, huaah kalau jalan dari parkiran jauhh bok #ngomel.

Suasana lab yang riweh, cowok semua, yang ganteng aku tok :p


Ada praktek Protoct test, sebelum nya harus di hancurin dahulu beberapa tanah dan dicampur dengan pasir bromo yang item mengkilat. Praktek ini untuk mengetahui kadar air setelah ditekan berulang-ulang dan di campur 100m air setiap kali percampuran dan ditekan di sebuah alat kayak bikin kue putu tapi ini alatnya dari besi dan lebih besar, hihihi...

Proctoct tes , di

Dibawah ini foto timbangan neraca, buat ngukur segala macem yang ukurannya bekisar gram-gram an saja yaa, kalau lebih pakai timbangan yang lebih gede satunya.

buat ngukur gram an yaa :p
 Nah ini salah satu hasil nya buat mengukur tanah lempung dari kalimantan di kedalaman 17m yang mana, di ukur dan nantinya dimasukkan air raksa untuk mengetahui hasil volume dari ukuran tanah lempung yang di timbang tersebut, eyaa kok jadi serius begini....

tanah lempung kedalaman 17 m :D





Nah air raksa kan memiliki berat jenis yang berbeda dengan air jadi yaa beda, lebih baik pakai air raksa kalau menghitung volume biar tidak menyerap masuk ke pori2 nya tanah lempung. Berat jenis air raksa saja beda lho terasa berat banget kalau di angkat, padahal kalau dipegang gag berasa basah atau lengket2 gimana gitu :D



Ini neh air raksa nya kayak air opoaan gitu  :p

Suasana lab yang begitu riweh tetep sempet moto2 karena niar bagian dokumentasi, sebener nya ndak ditunjuk seh, cuma iseng ajah seneng moto2, disaat lainnya sibuk umek2 tanah, niar asyik moto2in dan mereka ngomel2 hahahah, kalau ndak tak foto2in ndak ada buktinya lho rek kalau kalian kerja keras dan saya kerja keras mengabadi kan moment kalian :p

jangan diliat yang pink yaa :p

Perkenal kan ini salah satu bahan tanah yang sudah di tumbuk dan di saring pakai saringan yang super halus, karena ini tanah buat 1 praktek sekaligus jadi yaa banyak bikinnya se baskom :p

Butiran agregat :p
Nah nanti nya ada tanah lagi yang ada krikil2 nya dimasuki kedalam ayakan yang disusun kayak rantang makanan, terus setiap ayakan sudah ada bentuk saringan yang berbeda, kalau tanah tersebut lolos sampai saringan yang paling bawah sendiri berarti kan tanah itu super lembut, kalau tidak yaa dihitung berapa gram yang nyangkut ditiap saringan yang ada. Sebelum di hitung harus di goyang-goyang selama beberapa menit untuk maksimal pengayakannya, secara semua ayakan ini di goyang secara bersama-sama lho.


ini ayakan atau rantang makanan yaa :p

Nah kalau praktek yang satu ini, dimana tanah yang halus dibikin satu baskom tadi di campur air dengan perkiraan ukuran dibuat seperti pliket2 gitu nanti di taruh di alat yang nantinya di tarik dan bergoyang lah cekungan itu yang ditengah nya nanti menutup setelah beberapa kali di tarik.

Rada susah jelasin nya kalau ndka langsung praktek, yang jelas ini praktek untuk mengetahui kadar air yang ada di dalam tanah tersebut.

itu tengah nya sengaja di bolongin yaa :p

pose nya ndak banget deh, ini maksa dipotoin :p
 Nah selain mengetahui kadar air, tanah yang halus juga di campur air terlebih dahulu buat mengetahui retak nya sampai berapa lama seh, nah itu ada cara nya sama kayak bikin kue bolot terus itu beda nya bahan2 nya pakai tanah, dan dimasukin oven juga,tapi itu ndak bisa dimakan, huaahh -_-


Nah hasil tarikan tanah yang diatas di taruh cawan dikasih keterangan cawan berapa dan kelompok berapaa ben ndak ketuker pas dimasukin oven, berasa bikin kue deh, tapi ini di oven 24 jam bok tanahnya, jadi nanti kalau sudah kering bakalan di ukur lagi, dimasukin piknometer di kasih air, digoyang2 saja terus yaa begitulah dihitung hitung lagi, bikin mumet lah yaa :p

tanah di oven, berasa bikin roti :p

ekspresi bikin lintingan tanah yang retak2 tapi ndak putus :p

Berhubung satu lab ada 3 kelompok yang praktek jadinya pralatan nya saling pinjem, kalau sudah selesai dipakai kelompok lain, begitu terus sampai selesai semua yang di bikin bahan praktek.


Keep kompak praktek nya :p
 Walaupun dengan keriwehan, rame, sibuk, bete, laper, apahlagi kena omelan niar yang super rame, maklum yaa cewek tinggal satu aset nya sipil kan yaa, jadi yaa kalau cerewet angep saja itu satpam buat kalian ndak rame :p

Apah lagi pak sukarno, kepala lab yang sudah tak muda lagi, terima kasih banyak pak atas bantuan dan kerja sama nya, walaupun dimarahin, di omelin dan anak-anak banyak yang rame tetep ajah ngomel2 pak karno itu, sehat2 yoo pak.

Pak karno dulu itu kepala lab nya di ITS, setelah  pensiun akhirnya di ambil untag buat menjadi kepala lab. Keren deh pak usia tak muda tapi tetep semangat, rumah e padahal jauh sekali dan naik angkot bok, kok anak nya ndak ada yang antar jemput gitu, gag kasian opoh yoo karo orang tua ne :p #sindiran alus :p


Yang tengah paling expert di bidang lab w/ pak karno

Nama nya juga anak sipil, kalau ndak narsis tuh ndak kumplit. Walaupun semua mayoritas cowok dan niar cewek sendiri di kelas malem, tetep mereka itu narsis cuma yaa gitu narsis nya ndka pose aneh2 kayak akyu. Eehh ada dink yang aneh2 tapi kagak ditayangin yaa, ancur2an heboh deh pose mereka kayak pose girlband korea2 gitu, padahal aku ndak demen korea2an -_-

Jejer kayak nunggu kereta datang, so cool kabeh :p
Semoga lulus nya max 4 tahun dan secepatnya lulus, dipermudah semuanya, dan diberikan kemudahan buat dapet beasiswa kan lumayan buat nambah2 tabungan beli tanah buat "Sekolah Alam" :D

45 komentar:

  1. Balasan
    1. makin banyak saingan deh kayaknya ini hahahaha

      Hapus
  2. Yg paling depan so cooool......xixixi

    BalasHapus
  3. great posts

    www.cintacharoselina.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Aih, Niar prakteknya main tanah ya..jadi inget jaman kecil suka main tanah..

    BalasHapus
  5. ya ampun mba niar paling ganteng..
    ini nganuh tanah,nganu limbah juga kah? sejenis teknik lingkungan yah

    BalasHapus
  6. asyik nih ...
    boleh ikutan juga nggak prakteknya???

    Follow blog saya ya
    http://infoejaman.blogspot.com/
    :)

    BalasHapus
  7. ini kok banyakan foto-foto narsisnya ya dibanding dengan foto-foto praktikumnya, heuheuhee

    BalasHapus
  8. keep sharing dan posting yg berkualitas gan :)

    BalasHapus
  9. Assalamu'alaikum. Maaf Bunda numpang Berbagi Info. Informasi bagi para bunda, Kini hadir Pusat Herbal Ibu Hamil dan Kewanitaan. Monggo utk berkunjung (Obat Herbal Ibu Hamil dan Kewanitaan). Terima Kasih

    BalasHapus
  10. Wahhh ... sampe sigitunya ya ... tanah harus di tumbuk dan di saring pakai saringan yang super halus ... :) Jadi ingat masa praktek reseptur di kefarmasian ... nice :D

    Yang paling menarik ,,, pasti, sibaju pink plus berkaca mata ,,, sempat2 nya narsiss ... hehehe

    BalasHapus
  11. Aku paling cinta sama yang gingsul itu...udah cantik pinter pula..

    BalasHapus
  12. I'm impressed, I must say. Seldom do I come
    across a blog that's both equally educative and entertaining, and let me tell you, you
    have hit the nail on the head. The problem is something not enough people are speaking intelligently about.

    I'm very happy I stumbled across this in my search
    for something regarding this.

    Feel free to surf to my site :: Yamaha Parts Online

    BalasHapus
  13. Main tanah ???
    Lanjutkan :D :D, jadi ingat masa kecil,
    salam kenal, ditunggu kunjungan baliknya !!!

    BalasHapus
  14. The article is very good quality and content is very, very nice and delicious read.
    Obat Kuat Pria

    BalasHapus
  15. For people with genital warts disease or often known chicken's comb (condyloma) may be very restless suffering. Because this disease is very difficult to remove or treat.
    Jual Obat Kutil Kelamin Wanita
    Obat Kutil Kelamin
    Obat Kutil Kelamin Ampuhk
    Obat Kutil Kelamin Tanpa Operasi

    BalasHapus
  16. Now that is long de nature Indonesia producing herbal remedies for genital warts disease. And thank God we have a lot of help (help) the disease genital warts.
    Gejala Penyakit Kelamin
    Obat Kutil Kelamin
    Obat Kutil Kelamin Ampuh
    Obat Kutil Kelamin Tanpa Operasi

    BalasHapus
  17. Website of yours is very nice, and it is also good to read. Anyway a success continue to make you the owner of this blog.
    Obat Pengurang Nafsu Makan

    BalasHapus
  18. Senang ya main tanah, tapi bukan masa kecil dulu :D jadi membuka memory

    BalasHapus
  19. Narsis dilabnya keren dan meriah banget. Sampai tanah saja menjadi bahan penelitian. ITS memang mantap !

    BalasHapus
  20. wwkwkwk halo anak sipil :p aku juga anak sipil yang jadi korban praktikum mektan :D

    BalasHapus
  21. wah keren ini mbak, saya belum pernah praktek yang gian mbak :) hehehe

    BalasHapus
  22. niar cewe sendiri, keeereeen. Dulu jaman kuliah aku belum ada hape jew

    BalasHapus
  23. entah apa2 aja yaa kerjaan anak sipil inii hahaha
    tapi aku pengen anakku kuliah di teknik sipil nih dek soalnya biar cepat kayaaa :p

    BalasHapus
  24. tanah yang di oven nya koq mirip brownies ya?? #efeklapar =D

    BalasHapus
  25. Enak kalau di kampus bnyakan cowkknya bisa dijagain dan dikecengin ya mbakyu :)

    BalasHapus
  26. Waaaaaaahhhhhh... tanah kok dioven segala ya mbkk..

    BalasHapus
  27. Sepertinya mekanika tanah bidang spesifik yang bagus ditekuni. Ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan perusahaan konsultan ahli struktur (bangunan) bawah. Saya sidikit tahu karena bekerja di salah satu konsultan struktur atas.

    BalasHapus
  28. Ini baru infoemasi, blog keren

    BalasHapus
  29. incredible experience after I read your blog, each article can surely bring blessings to all who read it, keep your health suplemen tubuh agar kuat puasa

    BalasHapus
  30. Really your blog is very interesting.... it contains great and unique information. I enjoyed to visiting your blog. It's just amazing.... my blog: Penyebab Batuk Kering Disertai Gatal Tenggorokan

    BalasHapus
  31. This was a fantastic article. Really your blog is very interesting.... it contains great and unique information.. I always express my gratitude to you for allowing me to comment Obat Radang Sendi Karena Asam Urat

    BalasHapus
  32. Ahi hi hi seru sekali mbak prakteknya, kalau masalah praktek jadi ke inget waktu jaman jaman sekolah dulu kan sering tuh kerja kelompok bareng untuk mengerjakan dan merndingkan bahan yang akan dijadikan praktek.

    BalasHapus
  33. Blog yg ini jarang update mba Niar ?

    http://caramengobatikomplikasigagalginjal.blogspot.co.id/2017/03/hemodialisis-cuci-darah-penderita-gagal.html

    http://caramengobatikomplikasigagalginjal.blogspot.co.id/2016/10/mengenali-gejala-penyakit-gagal-ginjal.html

    http://caramengobatikomplikasigagalginjal.blogspot.co.id/2016/11/potensi-komplikasi-gagal-ginjal-akut.html

    BalasHapus